Friday, March 22, 2013

FOTO BULAN PERTAMA



Pada tanggal 23 maret 1840, ilmuwan Amerika kelahiran Inggris, John William Draper, membuat foto bulan yang sukses untuk pertama kalinya. Ia sudah mencoba hal tersebut sejak akhir tahun sebelumnya. Foto diambil menggunakan piranti yang disebut "dagguerreotype". Alat yang menggunakan pelat tembaga perak ini adalah cikal bakal fotografi modern.



Dagguerreotype merupakan hasil rancangan perintis fotografi modern dari Prancis Louis Dagguerre yang berkolaborasi dengan Nichephore Niepce pada 1839. Kamera buatan mereka berdua ini membutuhkan waktu exposure selama 15 menit untuk menghasilkan gambar pada pelat tembaga perak. 



Draper adalah seorang guru besar kimia pada Universitas New York, di New York City. Penelitiannya terhadap efek cahaya terhadap bahan-bahan kimia membawanya pada fotografi. Ia juga menghasilkan gambar fotografisnya dengan hasil cukup memuaskan pada tahun 1839. 



Ia menhasilkan sejumlah kontribusi di bidang energi radian, fotokimia, fotografi, dan telegrafi listrik. Ia juga berjasa membuka jalan bagi analisis spektrum.[artikel ini di copy sepenuhnya dari harian Kompas tgl 23 maret 2013, halaman 45, oleh Ignatius hekso yudiono]

[* gambar dicopy dari google image]

No comments:

Post a Comment