Thursday, March 21, 2013

KERETA ROKET DIUJI COBA




Pada 19 maret 1954, sebuah kereta yang dilengkapi dengan enam roket pendorong serta kursi untuk seorang penumpang mampu menembus kecepatan 677 kilometer per jam, melaju diatas rel yang dipasang pada beton di Pusat Angkata Udara Holloman, Alamogordo, New Mexico, AS. Uji coba itu dimaksudkan untuk meneliti efek pengereman dari kecepatan yang demikian kencang.



Kereta yang dikenal dengan “sonic wind” tersebut dibuat oleh Northrup Aircraft, Inc untuk  mengetahui efek terhadap pilot yang melaju  dan berhenti pada kecepatan supersonic. Pengereman mendadak itu menggunakan air melalui ventilasi pada bagian bawah kereta. Pilot yang menguji coba kereta tersebut adalah Letkol John Paul Stapp.



Pengujian lebih lanjut pada 10 desember 1954 Stapp mengendarai Sonic Wind. Dalam 5 detik, sonic wind mencapai kecepatan puncak dan melaju dengan kecepatan lebih dari 1000 km/jam, membuat Stapp melaju lebih cepat dari peluru. Lalu dalam 1,25 detik ia dihentikan,sehingga mengalami tekanan tak kurang dari 40G. Kondisi tersebut lebih kurang sama dengan menghantam dinding beton dengan kecepatan tinggi. [artikel dikutip sepenuhnya dari harian Kompas, tgl 19 maret 2013 hal 39, oleh Ignatius hekso yudiono].

[*gambar di-copy dari google-image]

No comments:

Post a Comment