Thursday, March 21, 2013

MANUSIA BERJALAN DILUAR ANGKASA




Pada 18 maret1965, tepat pukul 7.00,pesawat luar angkasa uni soviet, Voskhod 2 diluncurkan dari Baikonur Cosmodrom, sebuah fasilitas peluncuran luar angkasa yang berlokasi di kawasan gurun di Kazakhstan, sekitar 200 kilometer sebelah timur laut Aral. Pesawat tersebut mengangkut dua kosmonot, yaitu Alexey Leonov dan Pavel Belyayev.



Salah satu bagian penting dari misi tersebut adalah berjalan diluar angkasa/spacewalk. Hal ini dilakukan oleh Leonov dengan baju khusus dan meninggalkan pesawat melalui peralatan berupa airlock yang dapat mengembang. Leonov menjadi manusia pertama yang melakukan hal tersebut sekaligus menjadi terobosan dalam penjelajahan luar angkasa.



Leonov meninggalkan pesawat pada pukul 08.34 saat Voskhod 2 melintas di sebelah utara Africa tengah dan selesai pada pukul 08.47 ketika pesawat berada di sebelah timur Siberia. 



Leonov menghabiskan waktu 12 ,9 detik di luar Voskhod 2 sebelum masuk kembali ke pesawat. Ketika diluar, ia mengambil gambar dan melakukan sejumlah gerakan. [artikel dikutip sepenuhnya dari harian Kompas, tgl 18 maret 2013 hal 35 oleh Ignatius hekso yudiono_jakarta

[*gambar di-copy dari google-image]

No comments:

Post a Comment