Thursday, May 2, 2013

TRANSPLANTASI JANTUNG PERTAMA DI AMERIKA


Pada 3 mei 1968, dr Denton Cooley dari Institut Jantung Texas berhasil melakukan transplantasi jantung untuk pertamakalinya di AS. Tindakan itu dilakukan terhadap pasien bernama Everret Thomas yang mengalami kerusakan jantung akibat rematik jantung.

Jantung yang berasal dari seorang perempuan berusia 15 tahun tersebut dapat membuat Thomas tetap hidup selama 204 hari pasca operasi.

Setahun kemudian  Cooley melakukan terobosan dengan menjadi dokter pertama yang berhasil melakukan transplantasi yang sepenuhnya merupakan jantung buatan.

Tindakan medis pertama terhadap jantung tercatat pertama dilakukan oleh Prof Henry C Dalton pada 1891, yang adalah seorang professor ahli bedah perut dan klinis dari Missouri US, dengan melakukan menjahit luka pada pericardium seorang pemuda usia 22 tahun yang tertusuk akibat perkelahian.

Operasi ini tergolong berani karena Dalton melakukannya ketika pendapat medis kala itu umumnya tidak menyetujui tindakan pembedahan terhadap jantung yang terluka.  Namun kondisi pasien dilaporkan dapat pulih dengan segera.(artikel dikutip dari harian kompas hal 45 tgl 3 mei 2013, oleh Ignatius hekso yudiono)

*) gambar dicopy dari google images dan sama sekali tidak ada hubungan dengan artikel asli.

No comments:

Post a Comment