Tuesday, May 21, 2013

SS SAVANNAH, KAPAL UAP PERTAMA LINTASI ATLANTIK




Pada 22 mei 1819, SS Savannah bertolak dari Savannah, Georgia AS dan menjadi kapal uap pertama yang melintasi samudera atlantik. Savannah tiba di Liverpool Inggris pada 20 juni 1819.  



Sejatinya, kapal yang terbuat dari kayu berbobot 350 ton ini adalah kapal hibrida, karena selain mengandalkan kekuatan roda kayuh dikedua sisinya yang digerakkan tenaga uap, juga dilengkapi layar untuk menangkap kekuatan angin.

sepanjang perjalanan melintasi samudera atlantik menggunakan tenaga angin, dan tenaga uap hanya digunakan selama 80 jam saja.

Savannah dibuat oleh Ficket & Crockett, yang adalah pembuat kapal yang berbasis di New York. Kapal ini selesai dibangun dan diluncurkan pada 22 agustus 1818 dan melakukan percobaan perjalanan dari new York ke Savannah pada 28 maret 1819.

Menariknya, meski tersedia 32 kamar di dalam kapal, Savannah melakukan perjalanan bersejarahnya ke Eropa tanpa penumpang karena tidak ada yang berani menaikinya sehingga disebut merupakan kegagalan, dan sekembali dari Eropa kapal ini langsung diubah menjadi kapal layar murni.
(artikel dikutip dari harian kompas tgl 22 mei 2013 hal 35, oleh Ign hekso yudiono).

*) gambar dicopy dari google image dan tidak ada hubungan langsung dengan artikel asli.

No comments:

Post a Comment