Wednesday, May 29, 2013

PATEN MESIN PEMBUAT SEPATU PERTAMA



Pada 29 mei 1885, Jan E Matzeliger memperagakan kemampua mesin pembuat sepatu yang baru diciptakannya kepada publik di Lynn, Massachussets, AS. Mesin dimaksud dapat membuat sepatu secara massal dengan cara menggantikan pekerjaan tangan manusia secara manual sebelumnya, yakni memasangkan sol ke bagian atas sepatu.


Matzeliger menyatakan bahwa dengan mesin tersebut ia dapat membuat 75 sepatu wanita sehari, jauh lebih banyak dibandingkan dengan pekerjaan yang dilakukan secara manual dengan tangan.

Mesin tersebut mendapat hak paten no 274.207 pada 20 maret 1883. dengan dukungan investor, ia membangun pabrik dan merevolusi cara pembuatan sepatu, bahkan ia menjadikan Lynn sebagai "ibukota sepatu dunia".

Sebelum Matzeliger, tak ada seorangpun yang berpikir tentang pembuatan mesin ini. Memag sejumlah penemu telah menciptakan bermacam alat untuk pembuatan bagian-bagian tertentu dari sepatu secara massal, namun tidak ada yang berpikir membuat mesin untuk menyatukannya menjadi sepatu, sehingga tetap menggunakan tangan. Matzeligerlah yang mengatasi problem tersebut. (artikel dikutip dari harian kompas tgl 29 mei 2013, hal 35, oleh Ign hekso yudiono)

*) gambar di copy dari google images dan tidak ada hubungan langsung dengan artikel asli.

No comments:

Post a Comment