Wednesday, May 15, 2013

PATEN PERTAMA UNTUK CETAKAN FORMULIR YANG DAPAT DIGANTI.

Pada 16 mei 1933, Clifton Chisholm dari Cleveland Ohio AS, yang bekerja pada perusahaan MUltigraph di Wilmington,Delaware, memperoleh hak paten bernomor 1.909.170 untuk formulir cetak yang dapat diganti.

Racangan tersebut berhubungan dengan rancangan mesin cetak yang dipatenkan setahun sebelumnya. Mesin cetak Chisholm berupa silinder berputar yang dipasangi potongan atau lempengan berisi huruf atau karakter timbul. Huruf atau karakter itu kemudia dicetakkan pada lembaran kertas yang dilakukan pada silinder berputar. Keunggulan mesin cetak ini adalah dapat mengganti potongan yang memuat data tertentu diganti dengan cepat dan mudah tanpa harus mengganti atau mengganggu kesinambungan potongan lainnya.

Sementara itu rancangan pada paten Chisholm memungkinkan formulir yang dicetak memiliki pengaturan yang berubah-ubah atau dapat diganti-ganti. Misalnya saja cetakan dengan sebuah koloma besar, serta beberapa kolom kecil; sementara itu, pada saat yang lain dibuat hanya dengan memiliki kolom-kolom kecil. (artikel ini di kutip dari harian kompas hal 35,tgl 16 mei 2013, oleh Ign hekso yudiono).

No comments:

Post a Comment