Thursday, May 16, 2013

UJI COBA TELEPON OTOMATIS PERTAMA DI INGGRIS




Pada tanggal 17 mei 1912, surat kabar London, The Times, memuat berita tentang peralatan telepon otomatis yang ditempatkan di Epsom, Surrey, Inggris. Dikatakan bahwa peralatan tersebut akan diujicoba pada siang keesokja  harinya.


Ujicoba tersebut merupakan yang pertama di Inggris untuk telepon otomatis tanpa bantuan pihak operator secara manual. Peralatan yang dipakai adalah Strowger tipe dua kawat yang dipasok dan dipasang oleh Automatic Telephone Maufacturing Company, Ltd, Liverpool.


Dilaporkan juga bahwa ujicoba tersebut akan memungkinkan 320 pelanggan telepon Epsom menghubungi sendiri secara lagsung nomor telepon lain tanpa bantuan pihak operator secara manual.


Lebih jauh artikel tersebut juga menerangkan secara detail cara menggunaka nomor putar yang memiliki lubang untuk jari yang terpasang pada pesawat telepon pelanggan. Uji coba ini menandai awal penggunaan telepon otomatis pertama di Inggris setelah Amerika dan Kanada serta negara-negara lain..(artikel ini dikutip dari harian kompas tgl 17 mei 2013 hal 41, oleh Ign hekso yudiono)

*) semua gambar di copy dari google image dan tidak ada hubungan langsung dengan artikel asli.

No comments:

Post a Comment