Tuesday, April 30, 2013

GAGASAN PERTAMA TENTANG TRANSMISI LISTRIK LEWAT UDARA



Pada 30 april 1872, hak paten no 126.356 diberikan kepada William H Ward unt
uk sebuah rancangan bertajuk "Pengembangan terhadap Pengumpulan Listrik dalam Telegraf". Ward memaparkan gagasan tentang lapisan bermuatan listrik pada atmosfer yang dapat membawa sinyal seperti kabel telegraf antara menara-menara yang didirikan diatas tanah.

Dewasa ini disepakati bahwa hak paten tersebut tidak memiliki makna ilmaiah, bahkan gagasan tersebut serupa dengan pendapat Mahlon Loomis yang juga mendapatkan hak paten no 129.971 pada beberapa bulan kemudian.

Namun sayangnya, baik Ward maupun Loomis, hanya memberi gagasan semata, tanpa memberikan petunjuk atau gambaran cara mewujudkan gagasan mereka.

Dalam hak paten yang di ajukan pada 29 juli 1871, Ward hanya memberi penjelasan tentang menara yang memungkinkan arus udara yang mengandung listrik masuk ke bagian tengah dan terisolasi, lantas arus tersebut naik dan keluar melalui ventilator bagian atas menara sedemikian rupa sehingga menara itu terus menerima arus dan pasokan listrik baru...(artikel ini dikutip dari harian kompas hal 43 tgl 30 april 2013, oleh Ignatius hekso yudiono)

*) gambar di copy dari google-image dan tidak ada hubungan dengan artikel.

No comments:

Post a Comment