Sunday, April 28, 2013

ANGKUTAN MASSAL DIUJI COBA


Pada 29 april 1882, penemu dan industrialist Jerman, Dr. Ernst Werner von Siemens menguji coba angkutan yang ia sebut sebagai "elektromote" di pinggiran kota Berlin.Elektromote adalah cikal-bakal angkutan massal yang kemudian poipuler denga sebutan "trolleybus".

Ujicoba dilakukan hingga 13 juni, menggunakan jalur sepanjang 540 meter mulai dari stasiun kereta Hallense, melewati Srabe no 5(sekarang disebut Joachim Friedrich Strabe) dan Strabe no 13(sekarang disebut Johann Georg Strabe) dan melintasi kawasan Kurfurstendamn atas.

Elektromote yang dibuat oleh perusahaan Siemens&Halske adalah kereta yang dipasangi dua motor listrik berkekuatan 2,2kW. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang menggunakan rantai dan gear.

Kereta yang digunakan pada elektromote disebut "kontakt-wagen" yang dalam bahasa Inggris disebut "trolley" sehingga munculah istilah "trolleybus".

Mode angkutan ini adalah bus listrik yang mengambil listriknya dari kabel yang terentang di sisi jalan. Di Inggris, trollebus diperkenalkan di London semenjak tahun 1909 dan beroperasi di Leeds sejak 1911. (artikel ini dikutip dari harian kompas hal 35, tgl 29 april 2013, oleh Ignatius hekso yudiono).

*]gambar di copy dari google image dan tidak ada hubungan dengan artikel.

No comments:

Post a Comment